Langsung ke konten utama

Contoh Naskah MC Seminar Nasional

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua
Inalloha yarfailahuladzina amanu, walazina utul ilma darojah, al-ayat
Ku a’liman, muta’aliman, aumuhiban, au mustamian illalkhoir. Al-hadist
Rabbi sahri sodri, waya sirli amri, wahlulukdatamilisani yaf kaul kauli.

Bapak Rektor Universitas Pendidikan Indonesia... Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata,M.Pd yang kami hormati
Bapak Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Bapak Dr. Toto Ruhimat, M.Pd yang kami hormati
Bapak, Ibu Dosen Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang kami hormati
Seluruh Tamu Undangan yang kami hormati
Dan hadirin para peserta Seminar yang kami banggakan

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa, atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berjumpa dalam keadaan sehat wal’afiat. Tiada lagi yang bisa kita nafikan dari segala nikmat Allah yang telah diberikan. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang bersyukur,
Shalawat beserta salam, semoga selalu tercurah kepada Nabi kita tercinta, Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam. Juga kepada keluarganya, sahabatnya, dan ummatnya hingga akhir zaman. Amin.
Hadirin yang berbahagia…
Alhamdulillah, Allah telah membawa kita semua untuk bisa hadir mengikuti acara SEMINAR NASIONAL dalam rangkaian kegiatna ICT Edufair dengan tema PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI KOMPETENSI GURU TIK DAN PEMANFAATAN TIK DALAM MEREKAYASA PEMBELAJARAN, Di Bandung, Hari Ini Kamis, 8 April 2010, bertempat DI Balai Pertemuan Universitas Pendidikan Indonesia Bumi Siliwangi.
Ijinkan saya, untuk memandu acara pembukaan ini.
Untuk mengawali jalannya acara, marilah kita bersama-sama mengucapkan “Basmallah”
Bismillahirrohmanirrohim…
Rangkaian acara untuk Pembukaan seminar ini diantaranya:
1. Pembukaan
2. Penampilan Tari Merak Kabumi UPI
3. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
4. Sambutan-sambutan
5. Pembukaan secara resmi
6. Keynote Speacker,
7. Penutup
Hadirin yang berbahagia…
Mari kita saksikan penampilan Tari Merak dari KABUMI UPI, hadirin boleh beri tepuk tangan.
Mari kita beranjak pada acara selanjutnya. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dilantunkan oleh Saudara Hasan Nashrulloh
(pembacaan aya suci Al-Qur’an)
Jazakumullah khairan, semoga tilatil qur’an tadi bisa memberikan jalan hidayah bagi yang mendengarkan, dan bagi ummat Islam pada umumnya.
Beranjak pada acara selanjutnya, sambutan Ketua Pelaksana Seminar Nasional, yang akan disampaikan Saudara Winvy Jeniandri, kepadanya kami persilahkan.
(Ketuplak Sambutan)
Sambutan ke-2 akan disampaikan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Kepada Saudara Ijang Permana Sidik kami persilakan.
(Sambutan Ketua Hima)
Selanjutnya sambutan dari Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, yang terhormat Bapak Dr. Toto Ruhimat, M.Pd kami persilakan.
Selanjutnya sambutan dari Rektor Universitas Pendidikan Indonesia yang akan disampaikan oleh …………………………………………………………..… Sekaligus membuka secara resmi dengan sismbolis memukul gong 3 kali.
(Rektor sambutan)
Penyerahan Plakat dari panitia yang akan diberikan langsung oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Bapak mohon berkenan untuk tetap berdiri sejenak.
Hadirin yang berbahagia dengan demikian Seminar Nasional dengan tema PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI KOMPETENSI GURU TIK DAN PEMANFAATAN TIK DALAM MEREKAYASA PEMBELAJARAN telah resmi dibuka.
Selanjutnya marilah kita simak Keynote speacker dari Prof. Dr. Ing Kalamallah Ramli, M.E. yang didisposisikan kepada Dr. Djaka Sembiring. M.Eng, sebagai Kepala bidang Aplikasi, Pusat sarana teknik Telematika, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan Judul T-Pend (Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan) kepada yth. Dr. Djaka Sembiring. M.Eng. Kami persilakan.
Hadirin yang berbahagia…
Selesai sudah rangkaian acara pembukaan ini. Kami ucapkan selamat mengikuti semua rangkaian kegiatan seminar ini semoga kita semua senantiasa dalam kemenangan dan keberhasilan. Amin.
Marilah kita akhiri acara pembukaan ini dengan mengucapkan “Hamdallah”
Alhamdulillahirobbil’alamin…
Wabillahi taufik walhidayah, wal inayah, walbarokah,
Wassalamu’alaiakum warahmatullahi wabarakatuh.
Selanjutnya acara saya kembalikan kepada kawan saya Deri dan Apriyanti.

Komentar

  1. thanks for your seminar mc script, I am very helped

    Yau Ming

    BalasHapus
  2. makasih infonya mas....

    BalasHapus
  3. ellya yusuf supraba7 Januari 2011 pukul 23.20

    Ma kasih mas.... saya benar-benar terbantu nich. Matur Nuwun n sukses selalu buat kita semua...^_^

    BalasHapus
  4. iya sama-sama agan agan wati / bapak ibu/ mba mas/ akang teteh :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste