Langsung ke konten utama

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman


1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing!
Jawab:
Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia.
Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak.
Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi ataupun diskoveri. Inovasi diadakan untuk memecahkan masalah tertentu dan untuk tujuan tertentu.

2. Jelaskan kaitan pengertian inovasi dan modernisasi!
Kaitannya penerapan inovasi suatu tanda terjadinya modernisasi. Baik inovasi dan modernisasi pada dasarnya merupakan perubahan sosial.

Jelaskan arti modernisasi. Jika dikatakan modernisasi sama dengan westernisasi, bagaimana pendapat anda? Setujukah anda dengan pernyataan itu? Berilah alasan mengapa anda berpendapat demikian?
Jawaban:
Modernisasi adalah proses perubahan sosial, dari masyarakat tradisional (yang belum modern) ke masyarakat yang lebih maju (masyarakat industri dan informasi yang sudah modern). Pada dasarnya saya kurang sepakat kalau modernisasi dikatakan westernisasi, mengapa? Karena yang melakukan proses modernisasi bukan hanya orang-orang dari barat, tapi juga banyak dari daerah timur, hanya memang kita tidak bisa memungkiri, kebanyakan negara yang pertamakali melakukan proses modernisasi adalah negara-negara yang ada di barat. Namun tetap saya tidak sepakat kalau modernisasi dikatakan westernisasi. Karena keduanya berbeda.

3. Menurut inkeles diantara ciri-ciri manusia modern adalah percaya pada perencanaan manusia dan kurang percaya pada takdir. Bagaimana pendapat anda ditinjau dari segi anda sebagai orang beragama (falsafah Pancasila)
Jawaban:
Ciri –ciri yang lain saya sepakat dengan pendapat inkeles, namun untuk ciri yang satu ini saya sangat tidak sepakat. Karena apa?
1. Inkeles sepertinya tidak memahami kewajiban orang-orang yang beragama yang memiliki pandangan hidup yang jelas
2. Beliau telah menyamaratakan antara orang-orang yang beragama dan yang tidak beragama
3. Sepertinya belau termasuk orang yang tidak taat beragama
4. Atau mungkin beliau orang yang tidak beragama
5. Dan boleh jadi beliau menginginkan sesuatu, dimana beliau ingin mengarahkan orang-orang yang membacanya bsia terpengaruh dan kemudian menapaki hidupnya dengan kompetisi yang tidak berdasar pada keyakinan kepada kusa Tuhannya.
Intinya saya tidak sepakat, karena hal itu telah jelas keluar dari konsep hidup orang-orang yang beragama. Khsuusnya orang-orang Indonesia dan lebih khusus lagi orang muslim, karena dalam pandangan muslim, meyakini takdir (qodlo dan qodar) merupakan sebuah rukun agama. Yang harus diyakininya.
Hanya memang dalam pandangan Islampun tidak menapikan unsur usaha manusia. Artinya kita sebagai manusia wajib berusaha semaksimal mungkin, dan urusan hasilnya Tuhan yang menentukan.

4. Jelaskan arti inovasi pendidikan. Berilah contoh inovasi pendidikan di Indonesia dan sebutkan inovasi itu dalam komponen sistem pendidikan yang mana?
Jawaban:
Inovasi pendidikan adalah inovasi yang digunakan atau dipakai untuk memecahkan masalah pendidikan atau untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kawasan inovasi pendidikan mencakup berbagai komponen sistem pendidikan yang juga merupakan bagian dari sistem perubahan sosial, adapaun contoh inovasinya dalam bidang personalia, jumlah personalia dengan kawasan kerja, fasilitas fisik, penggunaan waktu, perumusan tujuan, prosedur pencapaian tujuan, peran anggota sistem yang diperlukan, wawasan dan pola urutan, dll.

Contoh yang lebih konkrit, misalnya inovasi dalam bidang pembiayaan pendidikan yaitu dengan adanya pemberian BOS (Bantuan Operasional Siswa) atau inovasi dalam bidang kurikulum. Dari kurikulum 1994, kemudian masuk pada kurikulum Berbasis kompetisi (KBK) sekarang masuk pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 


5. Sebutkan karakteristik inovasi dan berilah contoh masing-masing!
Jawaban:
Karateristik inovasi menurut Rogers ada 5 diantarnya:
1. Keuntungan relatif contohnya pemberian BOS akan menguntungkan orang tua siswa sehingga bisa mengurangi beban pengeluaran untuk biaya sekolah anaknya.
2. Kompatibel artinya bersesuaian dengan nilai, maka ketika inovasi itu bertentangan maka pasti inovasi itu akan terhambat, misalnya penerapan alat kontrasepsi untuk mengurangi kegemukan keturunan yang diterapkan dilingkungan masyarakat yang tidak menyepakati hal itu maka penerapannya akan terhambat
3. Kompleksitas artinya tingkat kesukaran untuk memahami inovasi bagi masyarakat, semakin mudah dipahami maka akan semakin mudah penerapannya, dan semakin susah maka akan akan semakin susah pula penerapan inovasi yang bersangkutan.
4. Triabilitas artinya dapat tidak dicobanya suatu inovasi oleh penerima, misalnya penerapan bibit unggul ikan lele, akan diterima oleh masyarakat ketika bibit itu bisa dicoba dulu.
5. Dapat diamati artinya mudah tidaknya diamati suatu inovasi. Semakin inovasi itu mudah diamati maka akan semakin mudah diterima oleh masyarakatnya.
6. Sebutkan atribut inovasi!
Jawaban:

Beberapa atribut inovasi diantaranya adalah pembiayaan, modal, efisiensi, resiko dan ketidakpastian, mudah dikomunikasikan, Kompetibilitas,  kompleksitas, status ilmiah, kadar keaslian, dapat dilihat kemanfaatannya, dapat dilihat batas sebelumnya, kepentingan umum atau pribadi, dan tersedianya penyuluh inovasi

7. Inovasi pendidikan di Amerika Serikat banyak yang timbul dari sekolah atau distrik tertentu, bukan dari pemerintah pusat. Bagaimana timbulnya inovasi pendidikan di indonesia menurut pengamatan anda? Mengapa demikian?

Jawaban;
Di indonesia kebanyakan inovasi itu muncul dari pemerintah (top down). Hal ini ada alasannya diantaranya adalah:
a. Terkait kebijakan pemerintah yang centralistik (memusat). Dan alhamdulillah saat ini setelah diterapkannya KTSP mulai kebijakan pemerintah mengenai pendidikan mulai desentralistik (dari bawah/instansi) nama lainnya grassroot dan ini mungkin akan memberikan peluang agar di Indonesiapun bisa seperti di negara-negara yang sudah lebih dulu desentralistik kebijkannya.
b. Alasan kedua adalah pelaku pendidikan di negara kita terbilang kebanyakan menganut paham status quo yang akut, artinya meraka sangat susah menghadirkan inovasi, karena kreatif.


TANYA JAWAB PADA LINGKUP MATERI DIFUSI INOVASI

1. Jelaskan persamaan dan perbedaan pengertian difusi dan diseminasi inovasi. Berilah contoh masing-masing!
Jawaban:
Difusi adalah proses komunikasi inovasi antar anggota sistem sosial dengan menggunakan saluran tertentu dan dalam waktu tertentu sedangkan diseminasi adalah proses penyebaran inovasi yang direncanakan diarahkan dan dikelola pelaksanaannya.
Persamaannya adalah sama-sama penyebaran atau proses komunikasi inovasi.

2. Dapatkah terjadi suatu usaha mendiseminasikan suatu difusi? Jelaskan!
Jawaban;
Sangat mungkin dan sangat dapat saja terjadi. Dimana difusi terjadi dengan cara direncanakan, diarahkan dan dikelola artinya lebih teratur dan terprogram.

3. Difusi adalah proses komunikasi. Jelaskan perbedaan antara pengertian komunikasi dalam kaitannya dengan pengertian difusi dengan arti komunikasi secara umum!
Komunikasi secara sederhana adalah apa yang disampaikan oleh siapa kepada siapa dengan menggunakan media apa lalu bagaimana dampaknya. Maka kaitannya dengan difusi adalah adanya pesan yang disampaikan yaitu berupa inovasi dengan proses komunikasi.

4. Sebutkan dan jelaskan pengertian secara singkat 4 elemen pokok difusi inovasi?
Jawaban:
1. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang diamati sebagai suatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang
2. Komunikasi dengan saluran tertentu artinya media yang dipakai untuk melakukan proses difusi itu apa,
3. Waktu adalah aspek yang penting dalam suatu proses komunikasi dan merupakan aspek dari setiap kegiatan
4. Anggota sistem sosial adalah objek yang menjadi sasaran proses difusi itu sendiri.

5. Inovasi adalah sesuatu yang diamati sebagai suatu yang baru bagi seseorang. Apa yang menjadi ciri bahwa sesuatu itu baru bagi seseorang? Jelaskan!
jawaban;
Baru mengadung arti sesuatu yang mengandung ketidaktentuan, seseuatu yang masih mengandung berbagai macam alternatif.

6. Jelaskan pengaruh homophily dan heterophily dalam proses komunikasi!
Jawaban:
Proses komunikasi akan lebih efektif jika memenuhi prinsip kesamaan (homophily) dan sebaliknya akan lebih susah apabila terjadi heterophily yaitu adanya perbedaan. Maka untuk memudahkan proses kemunikasi sebaiknya ada homophily.

7. Jelaskan mengapa hambatan heterophily dalam komunikasi dapat dikurangi dengan adanya emphati? Jelaskan!
Jawaban:
Karena emphati sendiri pada dasarnya mampu mengurangi perbedaan itu sendiri, sehingga dengan emphati akan semakin lebih mudah dan terjadi kesamaan (homophily).

8. Jelaskan peranan dimensi waktu dalam proses difusi inovasi?
Jawaban;
Waktu merupakan hal yang sangat penting dalam suatu proses komunikasi, waktu menjadi salahsatu aspek yang tidak bisa dihilangkan. Peranannya dapat terjadi pada proses keputusan inovasi, kepekaan terhadap inovasi dan kecepatan penerimaan inovasi.

9. Diantara 4 tipe keputusan inovasi, tipe manakah yang banyak digunakan dalam proses difusi inovasi pendidikan di Indonesia? Jelaskan!
Jawaban;
Dari keempat tipe keputusan invasi di indonesia yang lebih banyak digunakan adalah otoritas artinya didasrkan pada hak kekuasaan. Mengapa demikian karena biasanya orang-orang tidak mau ambil pusing untuk berinovasi dan baru mau kalau ada 2 syarat yaitu:
a. Beruang (menguntungkan)
b. Dilakukan pemaksaan
Maka itulah tipe yang banyak diterapkan di Indonesia.

10. Carilah sebuah contoh inovasi pendidikan yang telah dilaksanakan di Indonesia. Coba anda analisis konsekuensi apa saja yang terdapat dari penerapan inovasi tersebut! Ingat klasifikasi konsekuensi!
Jawaban:

Contohnya ada kebijakan bagi guru untuk tersertifikasi, maka konsekuensinya adalah guru yang berangkutan harus mengikuti semua aturan main dan proyek yang ada. Walaupun terkadang tidak sedikti guru yang sepertinya keberatan dengan inovasi itu. Karena dianggapanya menambah kerjaan saja.


Demikian semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste